Book Review: The Appeal – John Grisham

Peringatan! Postingan ini mengandung spoiler.

Rangkuman Plot: Mary Grace dan Wes Payton adalah pasangan pengacara hukum yang membela korban Krane Chemical. Krane Chemical adalah sebuah perusahaan produsen pestisida. Perusahaan ini diam-diam membuang limbah mereka secara sembarangan, yang mengakibatkan limbah tersebut meresap ke dalam tanah dan meracuni air minum warga setempat hingga menjadi keruh. Pasangan Payton mempertaruhkan banyak hal untuk membela Jeanette Baker; Jeanette adalah klien mereka yang kehilangan anak dan suaminya akibat kanker yang disebabkan air minum beracun. Jeanette Baker memenangkan gugatan melawan perusahaan besar itu. Namun, masalah masih jauh dari selesai. Perusahaan enggan membayar ganti rugi, dan proses panjang naik banding dimulai.

Dengan kekuasaan dan taktik (dan uang yang banyak), Carl Trudeau selaku pemilik Krane Chemical harus berjuang mati-matian dengan cara apapun untuk mengembalikan nama baik perusahaannya. Dan mengembalikan keuntungannya. Ia tidak sudi memberikan sepeser pun untuk seseorang seperti Jeanette Baker.


Terakhir kali saya berkunjung ke perpusda bulan lalu, saya menghadapi dilemma bingung memilih buku untuk dibaca. Alhasil, saya mendatangi bagian rak favorit saya: buku hukum dan sastra. Lalu muncul masalah kedua: saya telah membaca semua buku John Grisham yang tersedia di perpustakaan. Setelah menggali-gali tumpukan buku, akhirnya saya menemukan satu buku John Grisham yang belum saya baca. Judulnya The Appeal (Naik banding). Oke, saya langsung menyambar buku tersebut dan meminjamnya.

Berikut pendapat saya tentang buku ini:

  1. Sangat seru, sangat menyebalkan, dan dalam opini saya, lumayan membosankan (saya butuh waktu hampir sebulan untuk menyelesaikannya).
  2. Rating saya: 5/5. Kenapa? Soalnya novel ini tidak memiliki happy ending, tidak seperti kebanyakan novel John Grisham. Saya pikir ceritanya lebih realistis kalau begini.
  3. Saya tidak sepenuhnya mengerti bagaimana hukum berlaku di Amerika Serikat, terutama hukum Mahkamah Agung. Tapi saya bisa memahami garis besarnya setelah membaca The Appeal. Saya juga melakukan banyak riset untuk dapat memahami buku ini dengan lebih baik. John Grisham memang sedikit mengubah beberapa hukum legal dalam novel ini. Bahkan, nama perusahaan, nama bahan limbah kimia, dan tempat lokasi dalam novel ini murni fiksi. Namun bagaimanapun juga, novel ini menarik karena bisa menggambarkan dengan baik bagaimana demokrasi bekerja. Patut untuk dibaca.

3/8/2024

Leave a Reply