Kategori
Kegiatan

Para Priyayi

Kali ini saya mau review tentang buku bacaan saya minggu ini. Beberapa hari yang lalu saya baru selesai membaca sebuah novel sastra berjudul Para Priyayi. Ini pertama kalinya saya baca novel sastra Indonesia. Novel sastra lain yang sebelumnya pernah saya baca berjudul Where the Mountain meets the moon. Namun buku ini sendiri karangan seorang penulis asal Amerika-China bernama Grace Lin. Settingnya pun berada di China. Sementara Para Priyayi adalah novel sastra Jawa dengan setting atau latar belakang di Ngawi Jawa Timur pada tahun 19-an.

Plot dan ceritanya sangat baru dan menarik bagi saya. Banyak kata-kata percakapan dalam buku yang ditulis dengan bahasa jawa. Baik bahasa jawa dalam tingkat halus sampai bahasa jawa kasar. Dan yang paling menarik adalah karena buku ini ditulis dengan setting tahun 1910-an. Disaat pada masa-masa itu jalanan belum beraspal.

Hal lain yang menarik bagi saya adalah tentang priyayi pada jaman itu. Jadi hanya orang yang lulus sekolah dengan nilai bagus, atau seseorang yang berpendidikan yang bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus di kota atau menjadi guru. Atau yang bisa disebut priyayi. Hal ini membuat saya berpikir betapa mudahnya bagi anak-anak seusia saya saat ini untuk meraih belajar dan meraih cita-cita setinggi mungkin. Dibandingkan dengan masa-masa dulu saat kebanyakan anak dibutuhkan tenaganya untuk bekerja di sawah, sehingga untuk lulus sekolah dasar dengan nilai bagus pun susah.

Menurut saya buku ini bagus untuk mereka yang ingin memulai membaca novel sastra seperti saya. Ditambah lagi banyak kata-kata dan budaya Jawa yang dimasukkan ke dalam buku ini membuat novel Para Priyayi ini semankin kaya bahasa.

Perlu waktu dua setengah hari bagi saya untuk membaca buku ini sampai selesai. Kebetulan saat ini saya sedang fokus memperdalam bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Jadi saya harus menyempatkan waktu disamping belajar bahasa untuk membaca buku. Namun karena novel ini menarik, jadi saya bisa menyelesaikannya dalam waktu cepat.

Oh iya. Saya tahu novel ini berkat rekomendasi dari Ayah saya. Kalau bukan karena Ayah mungkin saya tidak pernah melirik novel ini. Hehe.

Sekian review buku dari saya hari ini. Mungkin saya akan kembali dengan review buku lain dalam waktu dekat.

– Sofia K

2020 年 7 月 27 日
(二十時三十分)

Tinggalkan Balasan