6 Website Bermanfaat untuk Orangtua dan Anak

1. Kidshealth.org

Cocok untuk usia: 10+

Anda ingin mencari informasi tentang kesehatan, namun bingung harus memercayai sumber yang mana? Kidshealth.org adalah tujuan anda. Website ini memiliki beragam informasi seputar kesehatan dan isu parenting untuk anak-anak, remaja dan orangtua. Semua informasi dalam website ini telah di review oleh para ahli kesehatan, bahkan ada sesi tanya jawab bagi anak-anak atau orangtua yang masih memiliki kekhawatiran. Topik yang diliputi mulai dari hal-hal dasar seperti bagaimana tubuh bekerja, bagaimana pengobatan dan vaksin bekerja, penjelasan tentang berbagai profesi di dunia kesehatan, rangkuman berbagai penyakit serta penanganannya, cara menangani emosi dan perasaan, informasi seputar kesehatan mental, diet yang baik, dan masih banyak lagi.

2. Commonsensemedia.org

Cocok untuk usia: 12+

Menyebalkan rasanya harus sigap memegang remote tv di tangan setiap menonton film bersama anak-anak. Nah, website ini menyediakan review berbagai media berdasarkan usia. Terdapat berbagai kategori ulasan, mulai dari film, buku, acara tv, game dan podcast. Penulis review adalah para orangtua, guru, dan anak-anak sendiri. Jadi anda bisa melihat pendapat dari berbagai sudut pandang.

Fitur favorit saya dari website ini adalah berbagai detail yang lengkap. Anda bisa mengecek adegan apa saja yang akan anda temukan–atau tidak temukan–dalam film atau buku. Di bawah ini adalah contoh ulasan untuk film The Good Dinosaur (2015).

Kekurangan: Website ini hanya menyediakan akses gratis untuk melihat 3 review. Selanjutnya, anda harus membayar langganan $4 untuk satu bulan, atau $40 setahun. Saya biasanya mengakali hal ini dengan searching Incognito.

3. Khanacademy.org

Cocok untuk usia: Segala usia

Khanacademy adalah sebuat situs pembelajaran gratis untuk segala rentang usia. Hebatnya, website ini memiliki layout tampilan sederhana dan tidak memiliki iklan. Saya telah menggunakan Khanacademy sejak SMP untuk belajar berbagai materi. Saya bahkan mempunyai aplikasinya di ponsel. Materi-materi yang disediakan antara lain:

  • Matematika: Pre-K hingga College Math
  • Sains: Biologi, kimia, fisika, kosmologi, astronomi, kesehatan dan pengobatan, teknik elektonetika
  • Seni & Humaniora: Tata bahasa, sejarah, sejarah dunia, seni Asia, politik
  • Komputasi: Programming komputer, keamanan berinternet, literasi sosial media
  • Ekonomi & makroekonomi
  • Life skills: Mindset, pengembangan diri, literasi finansial
  • Test prep SAT, LSAT & MCAT (ujian masuk perguruan tinggi)
  • Dan masih banyak lainnya

4. Mathisfun.com

Cocok untuk usia: 4-18

Website matematika yang asyik dan memiliki banyak contoh serta model pembelajaran. Cocok untuk rentang usia TK-SMA.

5. Worldhistory.org

Cocok untuk usia: 7+

Sebuah website ensiklopedia yang menyajikan berbagai informasi tentang sejarah. Anda bahkan dapat mencari sejarah berdasarkan linimasa tertentu (contoh: 500 SM)

6. Braingle.com

Bermain puzzle adalah cara asyik untuk melatih kecerdasan otak. Braingle menyediakan berbagai macam puzzle online, trivia, memory games, game mentalrobics, brain teasers, dan banyak game lainnya. Tidak ada aturan rentang usia untuk bermain puzzle. Jadi, siapapun bisa mengakses website ini!


05/08/2024

Leave a Reply