Categories
Review

Sofia’s Podcast List

Halo! Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing sekaligus mereview podcast-podcast yang sering saya dengarkan.

Podcast adalah rekaman suara atau audio yang diunggah ke publik melalui berbagai sarana seperti Spotify, Google Podcast, Deezer, Amazon Music, dll. Siapa saja bisa membuat podcast tentang apapun secara gratis. Beberapa kategori podcast yang paling populer contohnya adalah Berita, obrolan santai/takshow, komedi, cerita-cerita, dan banyak lagi.

Berikut ini adalah 10 podcast kesukaan saya beserta reviewnya:

  1. The Good News Podcast – The good news podcast

The Good News Podcast adalah sebuah podcast yang menyiarkan berita-berita baik. Contohnya seperti penemuan-penemuan baru, restorasi hutan yang berhasil diselesaikan, pokoknya kabar-kabar baik deh!

Penting bagi saya untuk mengimbangi hari dengan kabar-kabar baik supaya saya memiliki mindset yang positif. Jadi podcast ini adalah salah satu dari sekian banyak yang paling sering saya putar.

2. The Science of Everything Podcast – James Fodor

Podcast ini saya rekomendasikan untuk para pelajar STEM seperti saya, hehe. The Science of Everything membahas berbagai macam sains alam dan bahkan studi sosial. Kebanyakan episodenya dibawakan oleh James Fodor sendiri, namun kadang ada tamu yang ikut mengisi podcastnya. Pokoknya podcast ini cocok untuk para orang STEM yang ingin mengingat kembali apa yang mereka pelajari, atau para alumni jurusan STEM yang sekadar ingin nostalgia, atau siapa saja yang menyukai dunia sains dan ingin menambah wawasan!

3. Growing With The FLow – Nayna Florence

Growing With The Flow adalah salah satu hasil terbaik saya dari mengeklik acak podcast secara random. Dalam podcast ini, kita disuguhi cerita-cerita kecil dari pengalaman hidup Nayna Florence. Ada berbagai kisah seperti adulting, mengatasi burn-out dan kecemasan, dunia perkuliahan dan karir, keluarga, pengalaman tinggal sendirian, hal-hal yang disyukuri dalam hidup, kejadian lucu, dan masih banyak lagi.

Saya suka sekali mendengarkan pengalaman hidup orang lain baik itu lewat podcast maupun tulisan. Terkadang mata saya capek membaca tulisan blog atau artikel, jadi podcast ini adalah win-win solution bagi saya karena bisa saya dengarkan sambil menjalani hari. Ditambah lagi, ketika mendengarkan podcast ini, rasanya seperti mendengarkan seorang sahabat atau kakak perempuan bercerita πŸ˜€

4. Ghazalia College – Ulil Abshar Abdalla

Terkadang (keyword: terkadang) saya mendengarkan Ngaji Ihya lewat kanal YouTube Ghazalia College. Namun terus terang saya lebih menyukai versi podcastnya karena bisa saya download dan putar kapan saja, hehe.

5. Daebak Show w/ Eric Nam – Dive Studios

Bagi anda yang menyukai K-pop, wajib bagi anda untuk mendengarkan podcast ini! Saya mulai mengikuti Dive Studios semenjak debutnya pada era Covid-19. Eric Nam selaku host podcast ini mewawancarai serta berbincang asyik dengan banyak sekali artis-artis di dunia K-pop. Episode favorit saya dari podcast ini adalah episode #80 Catching Up: The Boyz (spoiler: kisah mereka bikin saya ngakak abis).

Oh ya, saya rasa podcast ini juga cocok sekali bagi orang-orang yang sedang belajar bahasa Inggris atau ingin memperlancar kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris mereka. Sebab podcast ini gampang didengarkan atau easy-listening dengan logat amerika yang mudah dipahami.

6. Life Kit – NPR

Life Kit merupakan podcast berisi perbincangan tentang berbagai tips untuk masalah hidup dan cerita-cerita yang relatable bagi kebanyakan orang. Cerita-ceritanya lumayan seru dan mudah didengarkan!

7. Today, Explained – VOX

Saya suka mendengarkan berita lewat podcast ketimbang lewat media lainnya. Podcast yang menjadi bagian dari VOX Media Podcast Network ini membahas, merangkum, dan menjelaskan beragam peristiwa dan berita dari seluruh dunia. Pembicara podcast ini adalah Sean Rameswaram dan Noel King.

8. NPR’s Book Of The Day – NPR

Sesekali saya mendengarkan podcast ini terutama saat kehabisan ide buku bacaan. Kerennya, podcast ini juga sering mewawancarai author/penulis buku yang dibahas lho..

9. This Podcast Will Kill You – Exactly Right Media: The original true crime comedy network

Podcast ini nggak semengerikan judulnya kok. Yah, memang topik yang dibahas agak seram sih kalau anda punya ketakutan berlebih terhadap masalah-masalah kesehatan, virus, infeksi, dan semacamnya. Alasan saya menyukai podcast ini adalah karena saya tertarik dengan bidang kesehatan. Dan para narasumber juga ikut bercerita dalam podcast ini, jadi podcastnya bukan hanya berisi tentang masalah kesehatan dari sisi para ahli saja.

10. Revisionist History – Pushkin Industries

Siapa yang waktu SD benci sejarah? Ayo cung! (Saya pun mengangkat tangan tinggi-tinggi). Saya harus fokus bila mendengarkan podcast ini, karena ada banyak detail-detail yang harus saya dengarkan secara seksama untuk memahami konteks sejarah. Apakah anda pernah mendengar nama Malcolm Gladwell? Kalau belum, Malcolm Gladwell adalah penulis buku-buku bergenre psikologi dan sains seperti seperti Blink, Tipping Point, What The Dog Saw, dll. Malcolm Gladwell sendirilah yang membawakan podcast Revisionist History. Beliau menarasikan sejarah dan menambahkan sudut pandangnya sendiri. Saya lumayan suka podcastnya karena berbeda dibandingkan kebanyakan podcast berita populer yang hanya membahas hal-hal kekinian. Kalau anda suka sejarah, silahkan coba mendengarkan podcast yang satu ini πŸ˜€


Nah, itu dia beberapa podcast favorit saya. Saya paling suka mendengarkan podcast di pagi hari. Mungkin karena sejak kecil Ibu saya sering menyetel radio, jadi saya ketularan hobi memutar musik atau podcast untuk memulai hari atau sambil belajar, hehe.

Saya harap review ini berguna bagi anda yang ingin mendengarkan podcast, atau dapat memberikan ide podcast untuk anda dengarkan selanjutnya!

(note: saya tidak menomori podcast-podcast yang saya cantumkan untuk mengurut mana yang paling saya sukai. Jadi angka-angka tersebut hanyalah sebagai pemisah antara judul satu dari yang lainnya. Susah betul rasanya untuk memilih hanya beberapa podcast favorit!)

~ Sofia Kamila

(22 Desember 2023)

Leave a Reply